Konsep Motor Matic Masa Depan di Indonesia…. Seperti Apa??

BMW Concept C scooter!

Melihat tren motor matic saat ini yang menguasai market share nasional sampai dengan 60% dibanding type sport maupun bebek, kedepannya terlihat akan semakin menguat. Mungkin pangsa yang akan semakin tergerus adalah pangsa type bebek yang pelan tapi pasti semakin turun tren penjualannya. Sisi kepraktisan akan sebuah alat transportasi tanpa ribet kopling dan ganti gigi sangat disukai sebagian besar konsumen saat ini. Mungkin awal kemunculan matic yang diawali oleh Kymco series (CMIIW) banyak disangsikan akan kemampuannya ‘menanjak’. Namun sekarang hal tersebut sudah bukan merupakan halangan lagi mengingat tenaga yang disalurkan matic tergolong mencukupi untuk transportasi sehari-hari. Begitupula terkait konsumsi BBM yang sudah teratasi dengan teknologi injeksi. Next kedepan apa yang menjadi tantangan bagi motor matic??


Jika Ysa disuruh berandai-andai tentang motor matic masa depan setidaknya ada dua fitur yang Ysa harapkan dari motor matic.

automatic-paddles car

Pertama terkait power. Memang saat ini power motor matic dianggap sudah cukup mumpuni, namun kedepannya harapan untuk more powerfull pasti tetap ada. Jika sistem automatic transmision di mobil bisa diterapkan di matic mungkin akan sangat membantu dalam hal torsi (akselerasi). Sebagaimana motor-motor manual, mungkin motor matic tetap menggunakan gear satu sampai empat (sesuai spek teknis) namun perpindahannya secara otomatis mengikuti RPM dan speed. Dan mungkin bisa juga bisa dibikin opsi transmisi semi automatic sebagaimana mobil sport (ada tuas pemindah gigi di setir). bisa diletakkan di sisi kiri handle motor (up dan down sift gear). Jadinya pengguna punya opsi ketika santai bisa menggunakan full automatic transmission atau ketika mau lebih ‘ngebut’ dengan main RPM bisa memilih semi auto.

Driving Mode (Ducati Multistrada)

Kedua terkait efisiensi bahan bakar. Patokannya juga kembali ke mobil, atau bisa juga ke moge saat ini yang sudah dilengkapi dengan riding mode. Ada opsi untuk mode standar, eco, maupun sport. Toh sistem injeksi sudah menggunakan sistem ECU sebagai otak untuk mengatur suplai BBM ke ruang bakar. Sehingga hanya tinggal bikin setingan 3 mode saja. Kalau mau irit ya pakai mode eco, atau mau ngebut ya pakai mode sport. Enak kan tinggal pencet tombol sebagaimana moge-moge saat ini.

Ariblade vs Nouvo SX

Memang hal tersebut tentunya sesuatu yang mahal dalam hal produksi, namun akan sangat terbantu ketika diproduksi secara masal. Imej produk high tech pasti akan langsung disandang bagi pabrikan yang mau melengkapi maticnya dengan fitur tersebut. Harapan Ysa sih paling tidak di level flagship matic teknologi tersebut bisa diaplikasikan. Kemudian setelah 3-4 tahun baru diaplikasikan ke level matic mainstream. Tapi mungkin tunggu 10 tahun lagi kayaknya yah??…😀

10 thoughts on “Konsep Motor Matic Masa Depan di Indonesia…. Seperti Apa??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s