Branding Produk via film?….. Why Not…….

wallpaper-Transformers

Selama ini iklan produk otomotif di Indonesia biasanya dilakukan di media massa, baik cetak, elektronik maupun online. Jarang sekali ada yang memanfaatkan melalui media film. Kalaupun ada, ya hanya sebagai penghias saja tanpa memiliki makna penting dalam alur cerita film tersebut, dan pastinya impact bagi penonton juga biasa saja…. nothing special.

knight-rider

Back ke era 90’an ketika Ysa masih unyu-unyu😀 . waktu itu setiap hari apa ya?? ……. (dah lupa) Ysa belain numpang nonton tv ke rumah tetangga (maklum belum punya tv warna)😀 sekitar pukul 8 atau 9 malam untuk nonton serial Night Rider atau yang terkenal dengan nama mobilnya “Kit” dan si driver Michael. Sebuah mobil super (digambarkan) bisa melaju cepat, menembus tembok, jumping, bahkan melawan tank sekalipun diladenin. Padahal tuh mobil Chevy Corvette ya hanya sebuah mobil sport biasa, dan ketika Ysa besar ternyata image’nya masih kalah ama sportcar semacam Ferrari, Lambhorgini, Buggati, Porsche ataupun Nissan. Lanjut lagi film Viper dengan kendaraan Dodge Viper, kemudian Renegadde (Harley Davidson) dan terakhir film box office Transformer (gabungan pabrikan mobil Amerika). Sebuah industri film Hollywood yang tidak disia-siakan oleh pabrikan otomotif Amerika untuk mengangkat branding produk maupun merk pabrikan disana.

Renegade_(1992)

Di jaman sekarang memang beda dibanding tahun 90’an. Namun media entertaintmen tetap menjadi hal yang sangat ampuh mengangkat image sebuah produk. Contoh sekarang adalah ford dan Monster Energy yang menggunakan Ken Block sebagai brand ambassadornya.  Dengan merelease berbagai rekaman Gymkhana sekali lagi pabrikan Amerika benar-benar menunjukkan kreatifitas mereka dalam ‘beriklan’. Orang yang tidak tahu siapa Ken Block pasti akan mengaguminya (walaupun di WRC prestasinya jauh dari Sebastian Loeb dengan Citroen’nya).  Ya itulah kekuatan advertisement, ketika dikemas dengan penuh glamor dan ‘wah’, seorang pembalap yang lebih berprestasipun harus mengakui bahwa dia kalah tenar dengan pembalap ‘aktor’ begitupula dengan mobil maupun motor yang dikendarainya. So hal ini harusnya bisa ditiru dan diaplikasikan di dunia perfilman nasional. Tapi pastinya bukan yang bergenre horor😀

ford-fiesta-ken-block

Maturtengkyu sudah mampir

3 thoughts on “Branding Produk via film?….. Why Not…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s