Unboxing Sony Xperia E (C1505)

IMG-20130513-WA0000

Old & New

Ceritanya hari juma’at kemarin Ysa ketiban ‘apes’  :D  … dah nabung dan ngirit-ngirit pengeluaran buat bayar uang kontrakan rumah, eh HP jadul Ysa error. HP Nokia 5300 yang sudah setia menemani Ysa sejak tahun 2007 (6 th masa bakti) akhirnya harus tutup usia. Tampilan LCDnya putih bersih tak ada noda sama sekali. Diketik atau dipencet apapun tetap saja putih bersih. Untuk terima telepon atau menelpon sih masih bisa. Tapi ya itu tadi karena layarnya terlalu putih bersih jadinya tidak tahu siapa yang menelpon. Hanya suara saja yang kedengeran. So dengan berat hati terpaksa malamnya ngajak istri ke counter HP. Awalnya ingin beli Samsung Galaxy Ch@t yang harganya 1,210jt. Namun setelah melihat Sony Xperia E dan harganya nggak terpaut jauh, hanya 1,620jt so akhirnya Ysa putuskan untuk membeli Sony Xperia E sebagai teman sejati Ysa di kantong😀

Dalam paket pembelian kelengkapan yang diperoleh yaitu buku panduan, charger sekaligus kabel data, dan sepasang headset. Tanpa disertai memory eksternal (Ngarepnya sih dapat, kaya’ Ysa beli Galaxy Y yang memory eksternal include dalam paket pembelian). Secara fisik memang harus diakui untuk semua design Sony Mobile khususnya seri Xperia memang menarik. Tidak se-simple design dari Galaxy Seriesnya Samsung. Bulid Qualitynya untuk Smartphone kelas Mid-Low tergolong rapi dan terkesan kuat. Body belakang yang berwarna hitam doff menjadikan tangan tidak licin ketika menggenggamnya. Tombol power lock yang bulat menonjol di samping kanan memudahkan Ysa untuk me-lock ataupun un-lock nih smartphone. Satu lagi yang tombol shoot untuk kamera disisi kanan bawah memudahkan user untuk mengambil gambar dari kamera. Berbeda dengan Galaxy Y series (milik istri Ysa) yang tidak ada tombol khusus untuk kamera.

Screen Shot Xperia E

Tampilan layar 3,5 inci sudah cukup sesuai harapan. Tidak terlalu besar karena akan menyulitkan ketika dikantongi😀 , dan tidak terlalu kecil untuk aktifitas browsing internet. Di halaman utama terdapat 5 halaman widget yang cukup user friendly. Koneksi Facebook, Kontak, Album (image, music, video) dan info cuaca plus shortcut setting (wifi, volume, bluethoot, dsb) satu hal Ysa suka adalah shortcut untuk kecerahan layar yang hanya tinggal menyentuhnya otomatis layar akan lebih terang 100% (berguna untuk diluar ruangan). Dengan mengusung Android v4.1 (Jelly Bean) lebih memudahkan Ysa untuk memilih aplikasi apa saja yang akan diinstal di Xperia E. Antivirus AVG mobile, Clean Master, Opera Mini, Whatsapp, Talk, MusiXmatch menjadi aplikasi standar yang harus terinstal di Android Ysa. Aplikasi Game semacam Drag racing dan Yamaha TTX Revo2 berjalan cukup lancar di spek Xperia E. Salah satu keunggulan lain dari Xperia E adalah fitur music bawaan Sony yaitu walkman yang didukung kualitas speaker yahud mampu memberikan suara jernih. Selain itu Xperia E terdapat fitur noise cancellation dan HD voice. Sehingga ketika kita menelpon di tempat yang ramai, suara yang kita terima maupun yang kita omongkan akan lebih jernih didengarkan.

Bajaj

Hasil Kamera Galaxy Y

DSC_0012

Hasil Kamera Xperia E

Dari sekian keunggulan Sony Xperia E untuk smartphone kelas mid-low ada satu kekurangan yang menurut Ysa dibawah ekspektasi. Yaitu terkait kualitas image dari hasil kamera. Walaupun kualitas kamera 3,15 MP namun untuk hasilnya Ysa harus akui masih lebih tajam dan jernih kualitas gambar dari kamera Samsung Galaxy Y yang hanya 2 MP. Yah mungkin dari sekian keunggulan yang ada, hanya kualitas kamera yang sedikit kurang sempurna di Xperia E ini. di kelas mid-low smartphone (range harga 1,5 – 2 jt) Sony Xperia mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat bagi mas bro semua…. Semoga bermanfaat, Maturtengkyu sudah mampir.

54 thoughts on “Unboxing Sony Xperia E (C1505)

    • lumayan koq kang spek’e Galaxy Chat. tinggal dwonload aplikasi wordpress aja dah bisa lngsung kontrol blogg kita everyday. apalagi klo pke chat gmpang ngetiknya dibanding yang murni touch screen. kelamaan klo mau comment (salah pencet terus klo pke TS)

    • klo Nokia 5300 cm buat telp ma sms doang. ngblognya pake laptop.
      pernah coba buka blogg via 5300.. yg mncul cuma tulisan aja. g’ ada gambar sama sekali😀

  1. JOEZZZ,,,
    Dijamin gk nyesel pake xperia pak,😀
    Selain aplikasi pembersih cache, cookies, histori, jg jngn lupa task killer’a pak
    Sony, make believe😀

  2. Iya sy jg lg kepengen pny xperia, krn ada yg menarik, yaitu fitur “sony bravia engine” layar anti gores khusus dll banyak lg. Tp bingung mau pilih mana antara xperia J, U, sm sola, krn ada – nya yg ga bisa ditrima sm konsumen, knp pihak sony menciptakan smartphone nanggung gini ¥•å媪

  3. Bukan nanggung bro, tp disesuaikan dgn harga. klo mau full fitur n value ya mgkn Xperia Z pilihannya (diluar harga lho).😀
    Saran ane, klo sdh pakai Android Jelly Bean minimal memorinya sdh harus 1Gb. kalo masih 512 ada lemot dikit.

  4. mas, di sony xperia E ada fitur Navigasi dan GPSnya kan seperti galaxy young?
    lalu apa benar baterenya itu sudah build in di hpnya, jadi ga bisa diganti kalau sewaktu2 rusak?
    trims mas, mohon pencerahannya ane lagi mikir2 buat beli sony X E, hehe

    • Navigasi & GPS pasti ada sama ky’ galaxy Y. terus baterai terpisah koq (bisa diganti klo rusak). daya tahannya cukup bagus sampai sekarang dibanding Galaxy Y (maklum beda 100 MAH). cm disisi kamera yg dibawah ekspektasi. lainnya so far so good.

      • ya harga kan jg beda bro. jika dibandingkan Xperia E minusnya cm di Android versi ICS. sdgkan kelebihannny di kamera (5mp, autofocus, LED Flash), dan baterai yg sdh 1500Mah. selain itu relatif sama dengan Xperia E.

    • kendala sih nggak ada bro… cm versi jelly bean harusnya minimal RAMnya 1 Gb. klo msh 512 ada lag sedikit disetiap kita pindah fitur (tapi tdk terlalu parah).
      klo pake game HD ky’nya nggak recomend deh. mgkn yg proc dual core n memory 1 Gb yg bagus. ane coba maen game “subway surf” sering putus2. yah maklum dgn spek seperti itu memang bukan buat game HD.

  5. masih bingung mo cari smartphone 2 jutaan ke bawah pak bro,.klo nokia lumia 520,sony Xperia E & galaxy ch@t?terutama kekuatan baterai di saat sering internetan tahan yg mana ya?.tolong informasinya…terima kasih.

    • Klo Nokia Lumia Ysa kurang begitu paham, karena masih pakai windows 8 (OSnya). sedangkan untuk galaxy chat kapasitas baterainya 1200 mAh, Xperia E 1300 mAh. sampai sekarang Ysa sangat puas masalah baterai Xperia E (lebih tahan lama). jika dibandingkan Galaxy Y atau Andromax i (yg pernah Ysa pakai).

    • klo nge lag sih enggak (pemakaian normal).. tp klo bnyak aplikasi yg dibuka n main game HD ada lag sdikit2.
      Doc viewer sdh ada (built in). klo mau yg lebih bagus tinggal Download aja kan gratis..

  6. Kualitas Layarnya disebut dibeberapa review yg saya lihat di youtube kurang jernih dan cenderung gelap, apakah itu betul mas?? soalnya saya kepingin banget beli xperia E tp sedikit ragu sehingga bingung memutuskan antara xperia J atau E

    • kalau saya sih melihatnya sudah cukup bening. tidak terlalu signifikan bedanya dengan yg IPS (saya punya pembanding andromax i yg layarnya IPS LCD)
      mgkin kalau pengamat IT atau yg emang pakar gadget bisa melihat lebih jauh kejernihannya…
      tp untuk pmakaian normal / harian itu sudah cukup jernih koq

  7. Mau nanya, cara menambahkan foto ke kontak gimana ya? Saya udh coba conect k FB, tetapi gagal.
    Terus aplikasi apa2 aja yg bisa ditampung oleh sony xperia e agar bisa memaksimalkan fungsinya?
    Terus…bisa gt upgrade dr 512 mb k 1 gb?
    Tolong bls ya pak, ke oviethestary@rocketmail.com
    Makasih…

  8. Sepertinya saya tertarik dengan ini, fix nihh beli xperia E aja deh.. Heheheh selain harganya terjangkau problem kamera no what what lah yaa.. Kebetulan masih ada canon eos550d dirumah,heheh makasih masbro infonya.. Amat sangat bermanfaat🙂

  9. gue baru beli nih gan
    first impresion fisik memang terlihat mewah di banding lawan sekelasnya
    btw kapasitas baterainya bukannya 1500 mAH ya bro ????
    trus aplikasi recomend yg bagus buat xperia e ini apa ya gan ??

    • buka baterainya aja gan.. di blkg baterai pasti ada ket kapasitasnya.
      aplikasi sih tergantung user gan. paling g antivirus, cleaner, aplikasi musik/video, & aplikasi fotografi. sdangkan buat ngegame HD speknya kurang bagus.
      untuk aplikasi coba masuk ke tabloidpulsa.co.ic (search: aplikasi for android) disitu bnyak rekomendasinya gan.. semoga bermanfaat

    • wah klo itu Ane kurang Faham😀
      karena biasanya seri HP yg beredar di tiap negara berbeda2 (disesuaikan karakteristik negara tsb). coba browsing aplikasi di app store.. klo disitu ada aplikasi untuk merubah papan ketik (dgn huruf arab misalnya), berarti bisa diaplikasikan ke semua perangkat android.

  10. Kl itu saya sdh tau,maksud saya apakah xperian e yg anda beli ada ga fitur text arabx?dl sy prnh coba hp cross a7 trnyt ada bisa ngetik arab (tnp donlod aplks)

  11. kalau untuk pemutaran video HD di hp nya gmn mas? saya baca dr beberapa sumber, hp ini tdk bisa memutar video HD. terus suka ngelag gitu ga mas kalau terlalu banyak aplikasinya? apakah hp ini cocok untuk yang senang internetan? maaf ya mas banyak tanya. matursuwuun🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s