Kawasaki Show off Force di Bali

Kawasaki-Ninja250-2013

Benar-benar luar biasa strategi yang dijalankan KMI untuk fokus di market sport tanah air. Disaat mereka kesulitan untuk menjual produk sejuta umat (motor bebek) setelah habis masa kaze dan blitz series. Masih ingat ketika di tahun 2006-2007 ketika saya masih bekerja di salah satu dealer Kawasaki Jatim betapa sulitnya untuk menjual kendaraan perbulannya (walaupun hanya untuk menyentuh angka 20 unit / bulan). Namun di tahun 2008 (CMIIW) secara berani mereka memasukkan mini moge Ninja 250 ke Indonesia. Segmen pasar yang sangat kecil pada waktu itu. Image Kawasaki yg memang sudah bagus di level sportbike lewat Ninja 2 Tak Seriesnya kembali berjaya. Kehadiran Ninja 250R benar-benar menghipnotis kalangan Moge wanna be saat itu. Pelan tapi pasti peminat Ninja 250R terus dan terus bertambah. Gebrakan Ninja series tidak sendiri, di tahun 2010 kembali KMI meluncurkan varian segmented yaitu si kembar KLX 150 & D-Tracker 150. Weiss sebuah langkah brillian jika melihatnya sekarang (setelah 2 th).

Dengan kehadiran Ninja 250R, KLX 150, dan D-Tracker 150 memunculkan segmen tersendiri. Walaupun kecil jika dilihat secara prosentase Market Share Nasional, namun nilainya (Value) jelas lebih tinggi dibanding segmen sejuta umat…. Maksude piye to? Maksudnya dari sudut pandang kita (terutama saya yg belum sanggup beli😀 ) image pengguna sportbike Kawasaki lebih “wow” dan “wah” dibanding pemakai merk lain. Contoh walaupun kelasnya sama (sportbike 250 cc) tapi tetap saja pengguna Ninja dianggap lebih daripada penunggang 250 cc lainnya (ane g sebut merk lho ya… ntar ada yg g’ terima). Koq bisa??

Satu gajah jika melawan 5 singa pasti kalah juga, tapi kalo 5 singa menghadapi 5 gajah… hahaha.. digertak satu kaki sama gajah aja dah pada kabur tuh singa. Artine gimana? Sekumpulan itu lebih kuat dibanding sendirian, apalagi jika sekumpulannya Gajah😀 … Bruuuummmmm… (anggap aj suara motor), image yang terbentuk sangat dan sangat kuat. That’s the key… Komunitas Ninja dan komunitas adventure KLX ataupun supermoto D-Tracker g’ bisa dipandang remeh. Keberadaan mereka sangat membantu Kawasaki untuk tetap berkuasa di market mid sportbike, dan sekarang mereka sudah mulai meningkatkan eksistensinya ke level medium moge (600 cc). Pondasi bangunan berupa Model motor yang mereka pasarkan sudah bagus, tembok bangunan berupa komunitas juga sudah terbentuk dan sangat eksis, atap bangunan dari manajerial KMI sampai front liner dealer sangat kondusif, jadi untuk pengembangan market moge mereka akan lebih mudah.

Foto064

Touring Kawasaki di Bali 15-12-2012

Back to Community, di Bali penjualan Kawasaki yang hanya digawangi beberapa Dealer (hitungan jari) cukup bagus. Data Aisi di Bali penjualan Kawasaki menyentuh angka 4.200’an unit sampai dengan Nov 2012. Atau per bulan rata-rata 380’an unit terjual. Salah satu owner dealer Kawasaki mengatakan sebulan dia mampu menjual rata-rata 40 unit motor (Ninja series, KLX, dan D-Tracker) minus bebek series. Dan sang owner tidak pernah lepas dari aktivitas ataupun event yang mengikutsertakan komunitas didalamnya, baik berupa adventure, touring, maupun sekedar nongkrong bareng di malam minggu. Secara langsung kebanggaan pengguna Kawasaki akan terangkat. Mungkin IMHO itulah salah satu sebab kenapa pendatang baru yang walaupun menjuarai IRS 250 2012 di Sentul masih belum mampu mengangkat pamor si kuda besi dalam hal penjualan nasional, proud to be ride’nya belum dimiliki. Ingat balapan 250cc hanya bisa di Sentul, tapi komunitas bisa dibangun di seluruh Indonesia. Dan efek promosinya lebih mengena ke masyarakat karena bisa melihat eksistensi riil di lapangan bukan lewat media.

Foto065

Touring Kawasaki di Bali 15-12-2012 (2)

Foto062

Touring Kawasaki di Bali 15-12-2012 (3)

 

 

 

 

 

 

Mungkin ada yang menambahkan atau mengurangi, mohon maaf kalo banyak kurangnya, masih belajar-belajar menganalisa. Maturtengkyu sudah mampir🙂

2 thoughts on “Kawasaki Show off Force di Bali

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s