Ukuran Maksimal Ban Trail Untuk X-Ride

TTX 4

Dapat info dari seorang teman mekanik Yamaha tentang  X-Ride yang digembar-gemborkan sebagai matic dual purpose tangguh di segala medan (bahasa iklan je…  :D ). di Bali X-Ride mendapat sambutan cukup baik. mengingat tren motor trail, adventure, cross, etc baik di Denpasar, Badung, maupun Tabanan sangat diminati banyak kalangan. Tren off-road bike yang dimulai oleh Kawasaki dengan KLX dan D-Tracker dan dipromosikan secara massif oleh komunitasnya secara tidak langsung mendongkrak imej off-road bike sebagai salah satu pilihan untuk tampil keren. dan keberanian Yamaha untuk melaunching matic pertama yang menunjang kondisi tersebut Ysa rasa cukup tepat untuk wilayah Bali.

Back to judul, …. ceritanya teman Ysa sempat pusing disuruh ama bosnya cari ban trail untuk matic (ring 14″), karena untuk versi pabrikan tidak menggunakan ban pacul aka trail. banyak calon pembeli yang mayoritas pecinta adventure (katanya rata-rata sudah punya KLX maupun Suzuki TS 125 dirumahnya) yang ingin menambah koleksi motor bergenre offroad di grase rumahnya (sebutan orang Bali untuk Garasi) yang tentu saja X-Ride harus memakai ban trail. Walaupun ada resiko garansi hilang jika menggunakan ban trail (entah garansi mesin atau apa) namun kebanyakan tidak memperdulikannya. katanya yang penting keren!!! :D di berbagai toko ban maupun aksesoris motor rata-rata menjual ban trail ring 14 ukuran 80/100-14 (untuk roda belakang) sedangkan yang depan dengan ukuran 60/100-14 tidak ada di pasaran. Kalaupun ada merk’nya Kend4 dengan harga 590 ribu’an per bijinya :D (itu mah ban kompetisi). akhirnya setelah dia berkeliling ada satu toko variasi yang menjual ban depan ukuran 70/100-14 merk lokal dengan harga 180ribuan. So dengan sedikit nekat dipasang aja ke X-Ride sesuai orderan dari si calon pembeli.

DSC_0096

Dan hasilnya …..  :D mentok slebor (sayap depan) ketika di rem depan. Teman ane dah capek nyari, gambling beli 1 size lebih besar dari ukuran yang semestinya…. eh hasilnya kegedean (dikit). untunglah si konsumen nggak peduli dan tetap mau membeli tuh X-Ride. katanya toh bakal aus sendiri bannya gesekan terus ama slebor depan. yah mungkin jika keinginan dah di ubun-ubun masalah garansi, handling yang berubah (faktor ban pacul), sampai ban yang nge-gesek slebor tidak lagi diperhitungkan. yang penting bisa ditunggangi :D . So dari referensi teman Ysa kalau mau pasang ban trail di X-Ride ukuran yang disarankan untuk ban depan yaitu 60/100-14, lebih dari itu harus rela mengorbankan sayap depan. atau sekalian ganti model seperti trail punya. untuk merk ban sendiri hanya Swll*w dan Pr1m*x (merk lokal) yang memproduksi ban trail ring 14 dengan harga di kisaran 180-250rb’an. Semoga Bermanfaat, Maturtengkyu sudah mampir.

About these ads

31 gagasan untuk “Ukuran Maksimal Ban Trail Untuk X-Ride

    • wah klo itu pilihannya bnyak masbro… klo proporsionalnya yg depan aja yg perlu diganti. max ukuran 80 (lebih dari itu kurang pas / ky’ donat). kcuali velg ikutan diganti.
      untuk merk bisa pake IRC, FDR, Mizzle, ato Zeneos (zeneos wlopun ukurannya sama tp profilnya terlihat kurang lebar dibanding ukuran sejenis merk lain)

      • maunya seperti TTX modif dr negri sebelah mas bro, gandem tenan . . .
        apa musti merubah velg dpn blkang ???
        Maturtengkyu . . . salam sukses mas Bro Yanu

  1. bro pengen tau ban standart x-ride yang ukuran 100/70-14m tu merk apa si< seri bannya apa, matur suwun

    • klo merknya seingat Ysa IRC masbro.. klo serinya apa, Ysa g’ begitu merhatiin. mgkn masbro bs liat d dealer yamaha yg majang X-Ride. ky’nya nggak dijual umum sama IRC.

      • klo ukuran segitu masih bisa sih… karena ukuran velg vario cukup besar koq. lagian kan cm naik satu tingkat aja. cb cari di dealer yamaha mas bro.. kadang ada yg beli X-Ride tp ganti ban pake ban pacul (yg asli g dipake). nah ban X-Ride yg asli dijual lg sama dealer tsb.

    • mending yg semi aja bro. ada koq merk sw4l*w yg semi trail. klo yg murni ban pacul (trail) klo dibuat ngerem ekstrim dijalan aspal apalagi pas basah sangat licin.

  2. Maaf gan mau nnya nih, klo ban pacul ukuran 80/100 ring 14″ untuk ban belakang x-ride bakal nyentuh/nggesek blok mesin bagian pinggir nya ngga gan?

    Makaih gan untk info nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s