Tips Membeli Motor Baru

Motor baru Yamaha

Awal tahun membuat kerjaan numpuk, sehingga Ysa sulit mencari waktu buat menyalurkan hobi ngeBlogg :D .memang perlu belajar konsistensi untuk tetap menulis menyalurkan hobi ngeBlogg. Ok, Melanjutkan artikel sebelumnya mengenai indent yang mengular ketika sebuah new produk booming di masyarakat. Ysa akan coba berikan tips dalam membeli motor baru, ya relatif lebih mudah sih, karena tidak perlu memastikan kualitas motor yang akan dibeli (beda jika beli mokas). Produk yang langsung booming di masyarakat biasanya tergantung beberapa hal. Pertama pasti model, brand & image, mesin, dan fitur. Ketika empat hal tersebut mampu diiklankan dengan baik, konsumen pasti ‘tertarik’ untuk memilikinya. apalagi buat ABG yang minta apapun ke ortu pasti diturutin atau bagi masbro yang memiliki kecukupan rizki tentu mudah untuk segera memiliki motor idaman kita.

Ok lanjut saja poin-poinnya:

1. Ketahui dulu spesifikasi motor yang akan dibeli.

Cek via internet, jaman gini belum kenal IT :D … belajar dunk!!! Ulasan dari blogger biasanya lebih ‘independet’ dan apa adanya, dibanding ulasan media otomotif nasional yang terkadang hanya menampilkan banyak hal baik saja tentang suatu produk. biasanya ulasan dari dunia Blogger lebih ‘rasional’ karena dilengkapi dengan bukti otentik, baik berupa foto, video, grafik dan sejenisnya. Sesuaikan ekspektasi dengan hasil review agar tidak kecewa di kemudian hari. Kalo pengen irit ya parameternya BBM, pengen kencang ya parameternya di power, dst.

2. Datang langsung ke Dealer Resmi:

Motor Baru Honda

Beranikanlah Datang sendiri ke dealer resmi, atau ajak teman yang bisa ‘dipercaya’ dan mengerti dalam hal motor. Tidak ada salahnya tanya ke tetangga atau orang lain yang mengerti motor namun apabila yang ditanya tersebut sudah sampai mengarahkan (beda sama menyarankan lho…) untuk ke Dealer tertentu apalagi sampai terkesan memaksa.. mending batalin aja (cari sumber informasi dari orang lain). Karena biasanya si informan tersebut punya hak fee ke dealer yang direkomendasikan. Bahasa umumnya Makelar :D … efeknya apa? Jika kita beli ke dealer via makelar maka hak kita atas diskon akan berkurang untuk jatah fee makelar tersebut… sory untuk para makelar ane buka nih informasi :D

3. Pastikan Harga & negosiasikan

Minta pricelist resmi harga OTR motor baru yang akan kita beli. Khusus untuk model baru yang indent, terkadang ada dealer ‘nakal’ yang melakukan upping price diatas harga OTR resmi. Memastikannya via pricelist. Karena tidak mungkin mereka menaikkan harga dan dicantumkan di pricelist (resiko ketahuan dealer lain dan dilaporkan ke yg berwajib :D main dealer ato ATPM maksudnya). Negosiasikan harga, jika kita beli cash maka diskon pembelian biasanya lebih sedikit daripada kita beli kredit. Diskon untuk setiap tipe bisa berbeda-beda tergantung laris tidaknya tipe tersebut. sebagai gambaran untuk cahs diskon biasanya berkisar antara 200-400rb, sedang kredit bisa dua kali lipat diskon cash (bahasanya subsidi uang muka). Namun bila motor tersebut indent atau tipe laris, kecil kemungkinan ada diskon yang diberikan.

ilustrasi harga

ilustrasi harga

3. Bandingkan dengan dealer lain

Jika kita memang berniat mencari diskon yang bersaing, yah silahkan info dari dealer pertama ditampung dulu, coba datang ke dealer lain dengan tipe yang sama dikasih diskon berapa? Bilang ke salesnya bahwa anda sudah dari dealer “X” dan dapat diskon sekian. Diadu saja, biasanya dealer kedua yang dikunjungi bakal ngasih lebih murah.

4. Bayarlah dengan cermat

Jika memang negosiasi sudah deal dan ditindaklanjuti dengan pembayaran via cash atau uang muka (kredit), maka pastikan pembayaran melalui kasir. Mintalah kwitansi resmi yang dilengkapi kop dealer dan berstempel. Jangan mau diberi kwitansi ‘pasar’ walaupun ada stempel dealer. Jangan membayar atau menitipkan uang pembelian / uang muka via sales (apalagi makelar) karena secara prosedur perusahaan, biasanya sales bukanlah pihak yang diperbolehkan untuk menerima uang dalam bentuk apapun. Tugas mereka hanya menjual barang. Hal ini untuk menghindari penipuan terutama terkait diskon dan subsidi yang diberikan. Sekali lagi Ysa tekankan disini kuncinya ada di kwitansi resmi. Ysa sangat paham akan hal ini karena dulu pekerjaan Ysa sebagai ‘watch dog’ bagi para sales-sales nakal. :D

Jangan terima kwitansi model begini

Jangan terima kwitansi model begini

5. Siapkan data dan kelayakan kredit

Jika pembelian dilakukan secara kredit maka kita akan disurvey terlebih dahulu, siapkan data pendukung, KTP, KK, rek listrik, dsb. Dan yang terpenting adalah penghasilan kita. Umumnya patokan pihak finance / leasing adalah jumlah angsuran tidak melebihi sepertiga penghasilan kita. Contoh jika gaji kita 2jt maka maksimal angsuran yang diberikan sekitar 650rb. Jangan memberikan uang ke surveyor apabila kita ‘diancam’ untuk tidak di setujui kreditnya. Karena surveyor akan ‘berhadapan’ dengan sales dan dealer apabila menolak pengajuan kredit kita (jika kita layak di ACC). Pastikan kita tahu disurvey oleh finance apa bisa (f1f, 4d1r4, w0m, b4f, 5um, dsb) agar kita tahu dimana tempat pembayaran angsurannya. Oh ya… ketika kita kredit maka hubungan dengan dealer hanya sebatas uang muka, STNK, dan Nopol. Sedangkan angsuran dan BPKB adalah dengan pihak leasing. Dealer tidak ada sangkut pautnya dengan masalah angsuran dalam hal ini.

6. STNK & Plat Nopol

Normalnya untuk STNK & Plat waktu pemrosesan yang dijanjikan pihak dealer sekitar 2 mingguan dari tanggal pembelian. Folow up tiap minggu dengan menelpon pihak dealer. Jangan pasif walau dijanjikan akan dihubungi pihak dealer (cuma janji doang). Jika telah lewat dari 2 minggu bahkan sampai sebulan patut dicurigai ada sesuatu di dealer tersebut. entah dealernya atau pembelian kita yang bermasalah karena oknum dealer. Minta akses ketemu dengan pimpinan dealer, tunjukkan kwitansi pembelian kita dan sebutkan sales yang folow up kita. Biasanya pihak keuangan dealer akan menahan STNK & Nopol apabila ada kekurangan uang pembelian / uang muka dari konsumen. Jika memang kurang … ya bayar mas bro… :D . dan jika memang sudah jadi pastikan semua identitas dan keterangan yang tercantum di STNK sudah sesuai dengan identitas dan kendaraan kita. Beda satu huruf atau angka saja kembalikan ke dealer untuk diperbaiki (tanggungjawab dealer).

7. Serah terima motor

Ketika serah terima motor cek kondisi motor beserta kelengkapannya (Helm, Jaket, toolkit, buku petunjuk, buku service gratis). Supir yang mengirimkan biasanya menghidupkan motor untuk menunjukkan bahwa motor ready to ride, minta copy / lampiran bukti serah terima kendaraan yang telah ditandatangani. Pastikan sebelumnya anda telah mengecek kelengkapan kendaraan yang tertulis di BSTK sesuai dengan yang anda terima.

8. Bonus

helm kawasaki

Jika kita menginginkan harga miring (untuk motor non indent), tunggu saja akhir tahun atau awal tahun. Semua dealer akan berusaha cuci gudang. Karena tiap tipe ada tahun produksinya. Dealer tidak mau berlama-lama dengan stok motor yang lewat tahun produksinya, sehingga kadang diskon yang diberikan bisa dua kali lipat dari diskon untuk harga normal (sebagaimana saya sebutkan diatas). Satu lagi.. jika kita mau jual mahal sedikit, minta hadiah khusus ke dealer baik berupa jaket ataupun helm khusus (dluar jaket & helm standar). Jika mereka bilang tidak ada atau tidak punya, coba aja pura-pura ngebatalin pembelian. Bilang aja di dealer lain dapat hadiah helm khusus (biasanya merk garputala yang sering memberikan hadiah helm atau jaket keren untuk tipe-tipe tertentu). Lumayan kan dapat helm fulface seharga 250-300rb’an ;D

Tips yang coba Ysa sampaikan diatas Ysa dapat dari pengalaman kerja dulu sebagai pengawas di dealer dan di lembaga pembiayaan. Untuk memastikan tidak ada penyimpangan yang dilakukan oleh oknum karyawan dealer atau leasing yang merugikan pihak konsumen. Semoga saja bermanfaat bagi masbro semua yang akan membeli motor baru sebagai pendamping kita dijalanan :D . intinya jangan sampai motor yang kita harapkan bisa kita banggakan atau ‘memuaskan’ kita malah bikin repot kita karena ada masalah dalam proses pembeliannya.

Kurang lebihnya Ysa mohon maaf, maturtengkyu sudah mampir.

About these ads

56 thoughts on “Tips Membeli Motor Baru

    • berbagi pnglaman.. & semoga bermanfaat mas bro..
      dlu pernah beli motor dapet subsidi 900rb dah seneng.. eh sebulan kemudian tetangga beli motornya sama dpt subsidi 1,5 jt :D selisih 600rb. hadehh…

    • wah klo mokas blm pnya pengalaman banyak..
      IMHO skrg iklan motor bekas di bernia6a n t0k0b4gu5 sdh banyak. cb ambil dr situ. coz klo dr showroom bekas kondisinya 50:50 (untung-untungan mksudnya). klo dr pemilik lngsung kondisinya biasanya apa adanya. baik ya baik.. jelek ya jelek. tinggal nego sesuai kondisi. harga jg pasti lebih murah drpd beli di showroom bekas.

    • makasih banyak mas bro infonya,sangat bermanfaat bgt.ane mau tanya ni,ane di dijogja.ni mau tanya kalo beli sepeda motor secara cas tu dapat subsidi nggak?soalnya td ane tnya ke dealer ymh dibilangnya subsidi hanya utk yg pembelian kredit.kalo cas dpt diskon aja 500rb utk jupiZ.

      • beda istilah aja mas bro.
        klo subsidi itu menambah DP (kredit). tidak mengurangi harga tp jumlah DP kita disubsidi dengan besaran tertentu. efeknya pokok hutang kita berkurang.
        kalau pembelian cash istilahnya discount (mengurangi harga). dan kalaupun dpt disc s/d 500rb itu nominal yg lumayan untuk cash. coz average di angka 200-400rb mas bro. semoga bermanfaat ;)

    • wah ada to harga paket mas?sepengetahuan Ysa ATPM itu mengeluarkan harga OTR (fix) tiap tipe per daerah. g’ boleh melebihi harga tersebut. kalo ada harga paket yg menjadi pertanyaan paketnya apa nih? plus helm, jaket, souvenir ato hadiah?…. kalo selama harga yg dicantumkan itu dibawah harga OTR berarti “paket” yg dimaksud adalah Discount penjualan (hanya bahasa marketingnya). tp kalo ada harga paket diatas OTR. tanda tanya besar mas bro. bisa report ke Pabrikan aja benar g’ harga paket gituan.

    • klo kita kredit ke finance company pasti ada perhitungannya.
      contoh di th ke-3 motor kita hilang. saldo piutang kita tinggal 5jt. dapat klaim asuransi 10 jt. oleh finance co. dipotong 5 jt dlu untuk melunasi saldo piutang kita, sisanya 5jt baru diserahkan ke konsumen.
      klau jmlah saldo piutang kita masih 11 jt, sdangkan klaim asuransi cm dapat 10jt, ya kita g’ dapat apa2.. malah sisa yg 1 jt tetap ditagih oleh Finance Co. CMIIW

  1. klo beli cash misalkan MIO GT, setelah nego akhirnya sales ngasih discont 400rb, tp setelah searcing di internet jd ragu ada info.. mungkin ga klo ada discont yg lebih besar bisa jadi ada sperpart yg diganti /tidak ori?
    ato kemungkinan lain nya apa ya mas Brow?

    • nggak bro, g’ mgkn ada part yg diganti. malah bkin pusing buat mekanik buat gonta ganti part.
      Discount itu potongan yg diberikan oleh dealer dgn ‘mengurangi’ margin laba unitnya. contoh seandainya 1 unit motor labanya 1jt, kalau pas dia over stok atas unit itu bs diberi discount 400-500rb. trgantung dr dealer n unitnya.
      tiap dealer hrus jaga cash flow, sehingga diusahakan unit tidak menumpuk (ngendon lama) di gudang, yg berarti uang berhenti. klo kejual kan dealer bs beli lagi stok unit yg baru.

      • saya baru saja ke salah satu dealer, dan untuk pembelian cash dia tawarkan diskon sampai satu jta. kira2 patut di curigai gak yah? motor belum saya ambil karena rencana ma cek di dealer yang lebih besar dulu

      • tergantung tipe sama tahun bro. kdang untuk tipe yg kurang laku apalagi smpai lewat tahun (tahun produksi 2012, n skrg dah 2013) bs jadi diskount sampai segitu. tp klo tuh motor kategori laku n tahunnya jg baru harusnya sih nggak sampai segitu diskonnya. tp jg trgntung harga, klo diatas 30 jt disc 1 jt masih wjar.

      • Saya berniat membeli mio soul gt muscle 2013. Harga di brosur 14.250jt. Dan dia tawarkan diskon utk cash 1jt..

      • wew….. buang habis tuh dealer :D
        ambil aja bro. lumayan 1 jt. cb cek untuk tipe lain (Mio GT ato Mio J) disc sama atau gimana. cash 1 jt di wilyah mana bro??itung2an sih BEP tuh dealer

  2. mau nanya nih.kalau kita beli motor didealer luar kota,misal sy tinggal di karawang beli di purwakarta,apa nanti nggak ribet utk urusan stnk atau bpkb,soalnya ktp nya ktp karawang,trus ada biaya tambahan ngak?

    • kadang pabrikan tertentu memberikan batas wilayah ke dealer. tdk bs melangkahi wilayah diluar dealer tsb berada. tp kalau cm tetangga kota biasanya masih boleh.
      ribetnya di pengurusan STNK / BPKB karena dealer menggunakan biro jasa (STNK hrs sesuai KTP). mgkn ada beberapa delaer yg membebankan biaya tambahan pengurusan STNK / BPKB. tp klo kita mau nawar jg bisa koq (dikonversikan ke diskon).

  3. mau nanya nih.kalau kita beli motor didealer luar kota,misal sy tinggal di karawang beli di purwakarta,apa nanti nggak ribet utk urusan stnk atau bpkb,soalnya ktp nya ktp karawang,trus ada biaya tambahan ngak?

    • tambahan lagi mas bro.. biasanya waktunya lebih lama sekitar smingguan untuk pengurusan STNK bila kita membeli di dealer diluar kota domisili kita (KTP)

  4. thanks atas jawabannya,satu lg yg mau di tanyain. Td siang sy datang ke dealer,menanyakan masalah pengurusan STNK dan BPKB berapa lama jadinya. Dia bilang utk BPKB dan STNK lamanya proses sekitar 6 bln,selama proses tsb,kita hanya dapat bukti pembayaran pajak dari samsat,bahkan di dealer yg lain bahkan plat no pun blm keluar
    ,katanya berlaku seluruh indonesia. apa benar seperti itu? apa itu hanya akal2 an,soalnya sy mau membeli motor secara cash. Oh ya satu lagi,karena sy beli nya beda wilayah,maka kena charge 100rb. Saat ini sy belum memutuskan utk membeli,pikir2 dulu. Thank atas jawabannya

    • Ane di Bali masbro. emg payah pngrusan STNK sekarang. di Bali kehabisan form STNK, hanya form pajak aja yg bisa diberikan. brarti emg dari Polrinya yg kehabisan form lembar STNK (g’ habis pikir sih).
      untuk BPKB emg normalnya 3-6 bln (tergantung pihak kepolisian setempat).
      coba bandingkan dulu ke dealer2 lain. klo kna carge 100rb masih wajarlah untuk pngrusan beda wilayah bro (hitung ongkos bensin ama makan pas ngurus di samsat kota asal masbro).

      • Sama kayak yang di atas nih mas.
        Kalo beli motornya di PRJ tapi buat di daerah (cirebon) gimana tuh mas, bisa kah?

      • selama hrga OTR jakarta & Cirebon sama kmungkinan bisa. karena klo di PRJ harusnya dihandle oleh ATPM (Pabrikan). bukan lg via dealer. Yamaha mgkn dipegang DDS Jakarta, Honda lgsung dr AHM. tapi tetap proses pengrusan lebih cepat via dealer asal. CMIIW

  5. mas bro mau minta pencerahan,
    ktp sy jakarta tapi sy mau bli motor kredit di dealer bekasi, kira2 nanti ribet ngga ngurus bpkb stnk sama nopolnya?
    trus 1 lg, yg sy mau bli kan kawasaki athlete, di pricelistnya paling rendah dp 5jt, tp kta mas2 sananya kalo mau nanti dikasih diskon 2jt, itu wajar ngga ya?
    makasih masbro…

    • klo jakarta-bekasi mgkn tdk terlalu ribet masbro (sama-sama plat B kan?). mslahnya beli cash atau kredit. karena kalau kredit tergantung finance’nya (masuk coveran cabang mana). urusan BPKB n Nopol pasti ada selisih waktu entah 1-2 minggu karena pengurusan beda wilayah (hal yg wajar).
      terus masalah athlete dapat subsidi DP (bukan diskon) 2 jt masih angka wajar karena pembelian secara kredit & type athlete termasuk slow moving bg kawasaki. kalau cash dpt Disc 2 jt berarti benar-benar jual rugi tuh dealer.

  6. Apakah harga otr motor tiap wilayah berbeda?? Untuk wilayah klimantan selisihnya 2jt dibandingkan di jawa,apakah wajar segitu??
    Kalau beli sistem kredit apakah bisa nego untuk cicilannya? Sama subsidinya tawar menawar atau pihak leasingnya yang menentukan besarnya subsidi
    mohon bantuannya!!

    • yups mas bro, tiap daerah beda harganya. walaupun sama2 di jawa hrga di DKI, Jabar, Jateng n Jatim beda2. terutama terkait pajak kendaraan bermotor yg diatur oleh dispenda prov setempat (hak gubernur). belum lg ongkos trnsportasi ke luar pabrikan yg pasti diperhitungkan ke hrg unit.
      kalau nego cicilannya cm lewat subsidi. minta aj subsidi yg lebih besar karena itu akan menambah uang muka yg otomatis mengurangi pokok hutang (angs lebih murah). Subsidi ditentukan dealer dan besaran subsdi antar dealer bisa beda2 karena itu hak dari dealer mau ngasih berapa. leasing dlm hal subsidi nggak ikut2 masbro.. mreka cm survey klyakan konsumen mngajukan kredit motor.

  7. Mas bro saya mau tanya klw beli yamaha nvl cash paling lama indent nya berapa bulan???
    Saya udah 2 ulan masih blm ada…
    Tpi tetangga yg beli nya kredit 1 hari langsung di kirim…

    • wilayah mana mas? saya di Bali lancar jaya aja. pindah indent ke dealer lain aja. debat aja klo dipotong bla-bla-bla… masalah DPnya. tuh dealer dah nggak bener (klo smpe motong uang indent). normal tiap bulan pasti tiap dealer dapat jatah NVL (tiap deler punya jatah tertentu tergantung besar kecilnya deler tsb), tergantung dealer tsb mau kirim ke konsumen yg mana… tp klo udah 2 bulan ya itu keterlaluan mas….

  8. Daerah bdg mas bro…
    Baca d’blog-blog lain jga keluhan nya sama,klw yg cash pasti indent tpi klw yg kredit pasti ready stock…
    Seakan-akan konsumen d’paksan untuk beli kredit…

  9. Mau nanya sama expert top gear indonesa :D ….rencana mo beli supr4 x helmi fi cash. posisi di magelang kira2 dapet diskon berapa ya? (tanya juga: apa di bulan oktober ini apa honda mau lanching all new supr4 x? tadi sempet liat di blog, tapi tak cari2 kok ga ada di web XX, kalo ada mending nunggu aja soale istri ngebet si supr4x

    • bukannya supra X barusan kluar yg helm-in mas bro? skrg kan ada 2 varian supra X (1 karbu & 1 Fi). blm ada info / gosip ttg bkal ada next Supra X
      klo mslh disc tiap tempat n brand bs beda.. tp klo dirata2 di angka 300-500rb.

  10. Tlong bantuannya, saya mw beli motor old vixion warna putih akhir bln okt 2013 ini. Dengan Dp 6jt..
    Pertanyaan saya:
    1. Otr skrg brp (smg)?
    2. Kira2 dpt subsidi brpa?
    3. Kira2 besar angsuran yg saya dptkan brp (2 thn)?
    4. Ktp saya luar kota gmn?
    Mohon pencerahannya..

  11. Permisi, saya mau nanya
    Kalo motor matic honda, pas kredit dapat subsidi 1.5 juta
    terus saya memang memakai kwitansi pasar, tapi ada cap nama dan cap honda bgtu.
    apakah itu termsuk asli? sebab saya mw DP 13 juta, tapi krna salesnya mau cpat, akhirnya motornya sudah dikasih dan saya ngasih 8 juta, dan nanti sisanya nanti lusa. pertanyaanya juga, apakah itu memang bisa? terima kasih.

  12. mas YSA yg baik,..mau tanya dong, saya domisili dan ktp probolinggo jatim,..tp januari tahun depan mau kerja d manado sulawesi utara, saya butuh motor disana,..kira2 bs beli motor secara kredit ato cash g disana? bisa tolong jelaskan kendalanya apa saja?
    terima kasih banyak,..

  13. Saya mo beli nvl secara cash,pengin warna merah kata salesnya stok habis,warna putih habis jg,giliran saya bilang mo credit aja,salesnya langsung jawab oke,mau warna apa mas? Merah,putih,atau biru? Gubraaaakkk…….
    Ane tinggalin aja tuh dealer..
    Yamaha dari dulu susah buat beli cash.

    • yg laris yg paling kelihatan ‘berkeliaran’ di jalan bro… ato paling gampang tanya anak2 ABG… biasanya motor idaman mereka itu motor yg laris di pasaran.

  14. batas akhir untuk membatalkan inden motor honda itu brapa lama ? saya sudah indent scoopy sekitar 1,5 bulan belum ada kabar, ketika ditanya salesnya bilang kalau sudah ada langsung dikirim. misalkan saya mau batalin indent apa uang indent bisa kembali 100% ?

  15. gan kn ane prnah baca diblog sblah ,utk pembelian cash kita bisa nego dg pemilik dealer supaya spy dpt diskon lbih gede,yg ane mau tnyakn apa itu memungkinkn dilakukan scr agan kn pernah kerja didealer, mohon infony thks

    • waduh blog lawas ane jarang kesentuh… sory bro…
      untuk cash memang bisa dapet disc / potongan. tapi tergantung tipe’nya (n merk tentunya)
      nego bisa dengan pemilik deler (klo punya akses) ato sama salesnya. mereka pasti punya plafon diskon baik untuk cash atau kredit.
      kecuali untuk barang yg inden (laris), deler bisa jadi jual mahal bro. ya prinsip demand n supply lah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s