Flagship Strategy…. Honda Banget….

NSR 150 SP & NSR 150 R

Walaupun Ysa bukan orang marketing otomotif tapi sedikit belajar analisa tentang strategi marketing roda dua tanah air. Artikel Kang Haji & Mbah Dukun tentang produk flagship Honda sebenarnya pernah terlintas di pemikiran Ysa, namun mereka telah mengulasnya secara lebih dalam karena faktor pengalaman dan informasi yang melimpah. Sedangkan Ysa coba mengulas dari sudut pandang pribadi, yang tentu saja sedikit lebihnya, banyak kurangnya :D .

Sejak zaman dahulu kala… ketika akhir abad 20’an.. (halah ngomong opo iki :D ). Pada akhir tahun 90’an Honda mempunyai sebuah produk gen racing yg dikagumi oleh speed lover waktu itu.. yah NSR 150 SP, singgle swingarm, power sekitar 34 hp (terbesar dikelasnya), plus livery repsol yg melegenda…. namun itu produk Thailand, di Indonesia AHM menjual adik kembarnya NSR 150 R. yang kalau tidak salah merupakan gen awal NSR 150 (NSR 150R, NSR 150 RR, NSR 150 SP) CMIIW…..

Sonic & CS1

Strategi flagship ini sebelumnya juga telah AHM terapkan, namun memang belum sampai taraf massif seperti sekarang dimana flagship menjadi umpan bagi produk massalnya. Masih ingatkan dulu bagaimana Honda Nova Sonic 125 dihadirkan dimari sebagai flagship untuk sedikit mengganggu produk bebek super Yamaha Jupiter MX 135… dengan kubikasi mesin dibawah MX, Sonic mampu mengalahkan MX di trek sentul (ketika di ujicoba tabloid otomotif nasional), awalnya dijual secara CBU di mari kemudian ditindaklanjuti dengan dirakit secara lokal… namun bukan Sonic namanya… tapi domba garut upppsss salah :D  …  City Sport One (CS1). Dengan superioritas engine sonic sampai sekarang semua mengakui keunggulan tuh engine. Hanya sayang designnya benar2 out….out…’n out off the box dari pemikiran orang Indonesia.. plus harga yang ora umum bagi bebek sport ini (setara motorsport).

Selanjutnya CBR 150 sebelumnya juga telah dimasukkan ke mari dengan CBU namun tidak dilanjutkan dengan produk ‘turunan’ sebagaimana Sonic mungkin dengan pertimbangan karburator yang nggak bakal lolos EURO 3. Nah ketika CBR 150 Fi keluar dan didatangkan CBU dimari kemudian dibanderol diatas 33jt, plus PCX 150 jg dibanderol diatas 30’an dan CBR 250 yang dibanderol antara 40-50 jt’an menjadikan motor premium yang bikin ngiler konsumen.. bagi yang kebetulan punya uang cukup ya langsung aja di beli. Nah bagi yang belum punya.. ekspektasi tetap terjaga dengan segala informasi mengenai kedigdayaan produk-produk premium AHM. Dan akhirnya peluru pun dikeluarkan.. Vartech 110 pensiun digantikan Vario WTF (Mesin turunan PCX) dan PCX upgrade ke 150, CB150 R launch menggunakan  mesin DOHC CBR150 fi, dan mungkin kedepan Tiger 250??..

Vario 125 & PCX 125

 

CBR 150 & CB150R

Tentu bagi pembeli produk premium AHM sebelumnya seperti CBR 150 R, PCX 125, atau nanti CBR 250 tentu sedikit ternodai perasaannya ketika ada turunan dari produk yang mereka beli dengan harga ‘wah’ atau ‘wow’ :D … namun sebenarnya AHM tetap memberikan difrensiasi atas produk turunannya… monggo saza dilihat secara design maupun model antara Sonic 125 dengan CS1, PCX 125 dengan Vario WTF, dan terakhir CBR 150 dengan CB150R. mungkin hanya bagi mereka yang terlanjur beli produk Premium AHM karena faktor mesin yang sedikit ‘tersakiti’, karena hanya mesin yang diturunkan ke produk dibawahnya. Selain itu mungkin hanya fitur saja.. tapi toh prestise dan eksklusifitas model tetap terjaga, karena model yang berbeda. Kedepannya, IMHO sulit atau sedikit sekali kemungkinan mengharapkan untuk mendapatkan model premium Honda dengan segala kelengkapan dari sisi model, fitur, mesin yang sama persis namun dengan harga lokal. Karena toh sudah ada versi lokalnya ;) kecuali loh ya… pabrikan-pabrikan sebelah meluncurkan produk premium dengan harga lokal.. mungkin mau tidak mau AHM bakal melokalkan produksi produk premiumnya.

Kurangnya lebihnya mohon maaf, maturtengkyu sudah mampir.

13 thoughts on “Flagship Strategy…. Honda Banget….

  1. setahu aq Honda Sonic eluar tahun 2001 untuk bersaing dengan Suzuki Raider 125….sementara Jupie MX beberapa tahun sesudahnya…infonya kebalik tuch

    • wah kbalik yah… 2001 tuh kluar prtma di thailand ato AHM mndatangkn dimari sbg CBU? hehehe…. seingatq prnh diulas komparasi bebek sport d sentul antara mx n sonic, tp lupa th kpan. btw thx koreksiny…

  2. Only Paranoid will Survive (Andrew Grove)

    Hanya itu kata yg tepat utk Honda saat ini
    Gak cepet puas jadi nomer satu di 2012
    walaupun sudah jadi No 1, saya berharap AHM tetap humble n acting like number two!

    Stay Hungry, Stay Foolish (Steve Job)
    pls follow @motogpdistro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s