Komparasi New Vixion vs CB150R (Akselerasi & Top Speed)

NVL vs CB150R (Otomotifnet)

Semoga sedikit menjawab tanda-tanya terkait komparasi New V-ixion vs CB150R. Selama ini belum ada data head to head mengenai performa kedua motorsport baru ini. Hasil  komparasi ini Ysa peroleh dari Otomotifnet.com artikelnya disni dan disini. parameter yang digunakan adalah akselerasi dan konsumsi bahan bakar. mengenai rute mungkin tidak dijelaskan oleh sang rider (mengingat tabloid nasional pasti ada batas space pemberitaan :D ).

ok langsung saja liat komparasi data akselerasi dan konsumsi BBMnya:

Akselerasi & Konsumsi BBM  (Tabloid OTOMOTIF) New Vixion CB150R selisih
0-60 km/jam 4,1 detik 3,8 detik 0,3 detik
0-80 km/jam 7,1 detik 6,8 detik 0,3 detik
0-100 km/jam 13,1 detik 11,7 detik 1,4 detik
0-100 meter 7,1 detik 7 detik 0,1 detik
0-201 meter 11,3 detik 11 detik 0,3 detik
0-402 meter 18,4 detik 18,2 detik 0,2 detik
Konsumsi BBM 1 liter 38 km 35 km 3 km

Dari tabel hasil pengetesan diatas diakui atau tidak CB150R dalam hal pencapaian speed unggul dibanding New Vixion. untuk akselerasi 0-100 km/jam CB150R selisih 1,4 detik lebih cepat dibanding New Vixion, namun untuk drag 0-402 m selisihnya sangat tipis yaitu hanya 0,2 detik. Agak aneh sich menurut Ysa mengingat selisih 0-100 kpj bisa 1,4 detik namun untuk jarak 0-402 m hanya 0,2 detik …. sayangnya tidak dijelaskan apakah pengukuran top speed on speedo ato on GPS.

Selanjutnya mengenai konsumsi BBM, untuk hasil konsumsi NVL sedikit berbeda dengan hasil tes yang dilakukan oleh mas IWB (42 kpl) dan kang TMC (50 kpl). dari pengetesan tabloid Otomotif, New Vixion lebih irit 3 km dibanding CB150R. tentu konsumsi BBM ini tergantung bobot rider, kondisi jalan, dan riding stylenya. Tes konsumsi BBM dijelaskan dengan metode full to full dan non econo riding (g’ pake gaya irit-iritan, pelan ok, ngebut iya).

Kesimpulan pribadi (beda kesimpulan boleh) menarik data akselerasi dan konsumsi BBM diatas memang menunjukkan bahwa performa mesin DOHC Overbore milik CB150R memang ‘sedikit’ lebih unggul dibanding SOHC Overstrok NVL (yah 11-12 lah) :D , sedangkan untuk NVL unggul dalam hal konsumsi bahan bakar (11-12 atau 11-13?). So… komparasi ini lebih cukup fair mengingat kedua motor dalam kondisi standar, masalah yang g’ terima dengan menyebutkan top speed speedo ngaco (harusnya pake GPS), ban gambot vs cungkring, premium ato pertamax, ……  yah monggo saja ditest sendiri, kalo Ysa tetap respect n apreciate atas hasil komparasi tersebut apapun hasilnya tanpa memandang merk.

Update : judule ada top speed koq g’ mncantumkan top speednya. NVL Top Speed on speedo 126 km/jam, CB150R on speedo  130 km/jam

Kurang lebihnya mohon maaf, Maturtengkyu sudah mampir

About these ads

71 thoughts on “Komparasi New Vixion vs CB150R (Akselerasi & Top Speed)

  1. mas bro, melihat videonya IWB kok beda ya? NVL dikebut bisa sampe sekitar 10 detik untuk 100 kpj.
    data dari otomotif agak aneh menurut gue, selisih 1,4 detik itu tergolong jauh, namun waktu 200m dan 400m hanya selisih 0,sekian detik.
    satu-satunya yg dapat dipercaya menurut ane yaitu data dynotest karena udah ada buktinya

    • Juragan seharusnya mengabaikan akselerasi speedo sebagai acuan krn ada faktor simpangan. Seharusnya yg dijadikan acuan itu 0-201 dan 0-402. Itu yg fair. Kemudian salahnya uji dari Tabloid otomotif tidak dijelaskan CB pake BBM apa, NVL pake BBM apa.

      Beda penggunaan jenis BBM (premium/ pertamax), akselerasi bisa beda.

    • Tester Otomotif
      27 December 2012 ·
      Iseng merhatiin hasil tes racelogic CB150R kmrn,
      0-60 km/jam cuma 3,8 detik. Cepet jg ya, lbh
      singkat dibanding slh satu mtr sport 180 cc yg 4,2
      detik! Kira” New V-Ixion brpa catatannya?

  2. Update : judule ada top speed koq g’ mncantumkan top speednya. NVL Top Speed on speedo 126 km/jam, CB150R on speedo 130 km/jam
    =============
    Sudah di confirm sama Tester Otomotif sendiri melalui akun facebook-nya
    topspeed NVL = 132kpj
    topspeed CB150R = 135kpj

  3. si cb150r hanya bisa menunjukkan tajinya jika sudah memakai part2 racing cbr150, tp terlepas dari itu semua harga 23jt-an 4 tak 150cc memang ya cmn segitu kemampuannya, ono rego ono rupo :P
    gak usah berekspektasi lebih, mungkin tiger250 & scorpio250 kelak yang bisa meramaikan pasar speed lover di negeri kita tercinta….

      • Ruditriatmo mah sales yamaha.. anti honda dia mah.. satu2nya blog yg memenangkan voling antara nvl dan cb 150r.. di, iwb,rt,otomotif cb menang.. ciri2 blog netral walau tau kelemahan produk tp tidak akan pernah menjatuhkan dengan produk lain.. tunggu artikel IWB dan TMC tuh baru blog senior yg indipenden..

      • huehuehe… itu yang ngetest bukan juragan triatmono bro, tapi Dyno Ultraspeed. jangan fitnah lah.. orang FBH selalu menyudutkan dan menggiring opini kalau blognya kang triatmono sebagai blog ternak Yamaha.. kalo menurutku tulisanya kang Tri bagus dan sesuai fakta di dalam test yang dia lakukan . kecuali sebelum membaca kalian sudah tercuci otaknya dan pikiranya sama dengan FBH kalo itu blog ternak Yamaha hehehe…. .

      • Maaf kalau salah teori, hasil dyno NVL : 14.32 di 8224 dan CB150R : 14.02HP pada 10210. Kalau dilihat NVL akan lebih powerfull sebelum RPM 8224 dibandingkan CB150R dan tenaganya akan turun setelah angka RPM tersebut, sedangkan CB150 sebelum RPM tersebut masih belum menemukan tenaga puncak tetapi kemungkinan setelah RPM tersebut (8224) mulai mendekati NVL. Terlebih pada RPM 10210 CB150R dipastikan akan unggul dari walau NVL. Jadi sudah lumrah kok hasil dyno-nya. Akan lebih ajib lagi kalau disertakan data setelah RPM 8224 tersebut pada masing2 kendaraan. IMHO.

      • Bener. bro, dia ngetes dengan rpm yg sama.. Klo lebih fair dia ngetes sesuai kasapasitas RPM mentok, ga tau deh maksudnya si rudi kenapa melakukan test dyno tidak sesuai kasapasitas mentok RPM.. gw pribadi dah males tongkrongin blognya rudi triamono, dia selalu menulis ttg test ride motor yamaha dan tidak pernah menulis artikel ttg test ride honda, beda bgt sama mas IWB dan kang Taufik..

      • padahal yang ngetes kan ultra speed alias bukan mas 3…
        kenapa pada berburuk sangka dengan dia?
        kalo mau protes ya silakan ke ultra speed atau tanya ke ultra speednya siapa yang punya nvl dan cbsf yg dyno dimari…
        jadi orang ga boleh soudzon

  4. jiahahaa… Sama bagusnya sih mas bro…
    But good article…
    Buat pencerahan calon konsumen, agar tak termakan rayuan sales….

  5. Saya engga mau berburuk sangka, tapi ada yang aneh dengan pengetesan yang dilakukan otomotif. Seolah mesin SOHC Vixion dipaksakan atau sengaja tidak boleh lebih dari DOHC CB. Data akselerasi bahasan mas Yanusakti itu betul mas menimbulkan kecurigaan. Parah lagi di sesi konsumsi BBM-nya mas, tester otomotif itu (maaf) kecil mas orangnya. Boleh lihat di motorplus.otomotif.net ada video test ride NVL. Ridernya hanya setinggi om Taufik tapi gemuk sedikit (TMCBlog bisa 50 kmpl lho), sedangkan yang jauh lebih besar ada om Iwan (IWB bisa 42 kmpl). Jadi kalau rider sekecil itu hanya bisa 38 kmpl itu berarti dia macet2an pake gigi 3-4 mungkin (atau sengaja diboroskan). Entahlah saya takut tambah jadi fitnah, tapi ini uneg2 saya.

    Oh ya apalagi sekarang heboh tes dyno kedua motor ini, jadi makin mencurigakan.

    Monggo di view
    http://www.youtube.com/watch?v=4SrkTzGOYxc

  6. prbedaan sleain tuh vixi lbh stylist, vixi lbh halus mesinnya, torque lbh gde (torsi lbh gde blm tentu lbh kncang). kami sering uji mongtor2 std trmasuk bukan klasnya ttp d uji contoh. scorpio vs cbr150r. untuk jrk2 pendek jlas cbr bukan tndingan krn kalah torsi tp jk jrk pnjang,pas touring kbetulan ada jln lapang 3km trnyata pio bukan tndingan cbr pdhl cuma 150cc torsi lbh kcil. klo gue beli mongtor sesuaikan kantong, jalan yg sering dlalui, karakter saya brkndara, klo boros irit gk mslh selama 1:20 keatas (asal sesuai dg prforma mesinnya)

  7. dody berkata:
    13 Januari 2013 pada 13:12
    Bener. bro, dia ngetes dengan rpm yg sama.. Klo lebih fair dia ngetes sesuai kasapasitas RPM mentok, ga tau deh maksudnya si rudi kenapa melakukan test dyno tidak sesuai kasapasitas mentok RPM.. gw pribadi dah males tongkrongin blognya rudi triamono, dia selalu menulis ttg test ride motor yamaha dan tidak pernah menulis artikel ttg test ride honda, beda bgt sama mas IWB dan kang Taufik..
    ==================================
    maaf mas bro, bukannya ane bela mas 3 ya…
    tapi dia juga nulis artikel ttng test ride honda kok..
    yang terbaru ini dia test vario 125…

  8. Udah dites tadi pagi…
    gak sengaja ktemu cb150r… Ane pake OLD vixion, usia 4th ordometer 58.000 km…
    Dg BBM premium ternyata OLD vixion ane GAK minder lawan cb150r…
    Trek 1km old vixion ane cuma kalah 1/2 body aja. Dg top speed 130 km/j 9.500 rpm…
    Dg pertamax plus mgkin OLD vixi ane didepan tuh….
    Mesin SOHC LAWAS vixi gak kalah dibanding DOHC BARU cibi…
    sory… no Pics / video… dibilang hoax ya terserah… wong nyatanya gitu kok…

    • Kebut2an mah tergantung skill dan nyali bro, pernah denger top speed cb dan nvl beda2 atau ga sama setiap rider?.. Saat ini mending beli motor yg lebih laku biar dijual mudah dan harga jual tinggi karena pulsar 200 ns injeksi akan mendarat di indonesia atau rencana honda menurunkan tiger dengan mesin cbr 250..

    • lo soal kbut2an d jalan emang trgantung joki brow.mp 2001 ane aj prnah boncengan ktmu old vixi ndrian msih unggul.ane akui d rpm rndah jos old vixi,gigi 123 ane msh d blakang tp pas da msuk gigi 4 da mulai lwat dech n gigi 5 da jauh d belakang dech old vixi.d lain ksempatan malah motor ane d asepin ma jupiter z 2008 d jalanan agak ramai tp tdak ada macet.jd trgantung skill jg kali lo masalah kbut2an.toh g’ jarang jg old vixion ngasepin tiger n cs1 ngasepin vixi.nich smoa brdasar pada knyataan yg prnah ane tmui d jalan.prcya g’ prcaya nmx jg opini orang ha ha

  9. Analisa ane itu berdasarkan speedometer masbero.. soalnya untuk capai 60, 80, 100 KMpj unggul CB terus, tapi pas jarak 201m sama 400m kan gapnya jadi kecil, itu karena ketidak akuratan speedometer nya CB yang jauh lebih menyimpang daripada NVL masbero.. :D kira kira begitu. IMHO

    • kalo media mainstream ky’ gt (IMHO jg)… artikelnya harus mempunyai dasar umum (bisa dibuktikan).. apa jadinya jk dites pake race logic ato GPS top speed hasilnya 150 kpj.. ternyata on speedo (yg konsumen pake patokan) bisa 160 kpj.. bisa berimbas ke kredibility tuh majalah.. (apa yg diukur mereka.. hrus jg bisa diukur oleh khalayak umum) ;)

  10. 0-201 meter 11,3 detik 11 detik 0,3 detik
    0-402 meter 18,4 detik 18,2 detik 0,2 detik
    ================
    Koq jadi ambigu ama topspeed yaa….. tuh makin merapat gimana caranya si NVL kalo ga pake speed

  11. cuma data di atas kertas.. ane dah tes real dijalanan.. posisi nunduk new vixion dapat 130km di spido. gps my tracks 122.94km. butuh trek 700meter.
    cb150r psosi nunduk juga dapat 137km dispido. di my tracks dapat 117km.
    cbr150 repsol 2004 gear sinnob dapat 165km spido. my tracks dapat 124km. butuh trek 1200meter.. bbm premium.. so ksmpulannya?? bisa di andai2 sendiri.. pic,screen shot and video menyusul..

  12. gear cb emang dibuat besar agar akselerasi cepat. tapi kalau cb gear dibuat sesuai cbr150 dipastikan top speed akan lebih tinggi. semua sudah tahu cb150 punya potensi yang lebih dibandingkan nvl yang mesin sudah maksimal kemampuannnya. si cb dengan ganti gear belakang lebih kecil akan didapt topp speed lebih tinggi dan akselerasi sama dengan nvl.
    semua sudah tahu mesin dohc enak untuk dipaksa dikitiran tinggi.
    cb 150 punya potensi yang lebih di mesin dan rangka yang mudah mendongkrak penampilan.
    jadi jangan heran kalau nanti dijalanan banyak CB150 larinya kencang karena dengan uprgrade dikit saja sudah mendekati kemampuan si cbr150

  13. Lihat aja spesifikasi masing2 kalian psti tahu klo vixion kalah telak oleh cbr. Klo soal irit so pasti honda lah yang irit, gw ga pernah dengar ada orang bilang kl yamaha irit, yang perlu di ingat honda kualitas mesin nya sudah tidak diragukan lagi.

  14. Kalo menurut saya ini soal akselerasi gag ada hubungannya dengan power
    soalnya akselerasi hubungannya dengan gearbox sedangkan power hubungannya dengan torsi dan pembakaran dalam mesin jadi soal race logic diatas bisa aja bener
    sekarang saya ambil perumpamaan yang kalo kita pasangin mesin truck yang powernya 220 ps ke honda city yg powernya aslinya 120hp saya bisa jamin tuh mobil gak bakal bisa kenceng kayak pake mesin aslinya.
    walaupun begitu kalo di suruh pilih saya pasti pilih NVL walaupun kalah dalam akselerasi

    salam kenal

  15. motor itu tergantung perawatan… mx gua (model lama 4gear) standar pabrikan 120 kph masih mampu hanya dalam kurang lebih 20 detik… top nya 125… padahal sudah 5 taun lamanya…

    • jaga oli,busi,air radiator kuncinya bro.vixiku udah 100.000km masi oke. aku ndiri sampe bingung kok bandel kali motor ini ya..

  16. Salh bnget to brow..200,1m j,dpet di 10,38dtik,.n 200,1m dpet 122kpj..ato mungkin bobot pengendra+isi bbm jd penyebap,cz brat aku 53kg

  17. @orin81
    ane pakai new cbr 150r top speed 148/jam di gps kok dapat 140km/jam,berarti spido new cbr gak beda jauh dong dengan gps,harga memang menentukan kualitas

    • tapi ada yg ngetes speedo cbr lawas lbh akurat dari cbr new FI.
      tp yang test di atas katanya cmn dpt 124kpj ya?
      jgn2 orang di atas boong kalo ngetes 3 motor sekaligus?

      • untuk aplikasi gps banyak versi bro. jadi, saat dlakukan tes dpakai satu hp dan satu aplikasi yaitu my tracks dan penentuan lagi kenapa bacaan gps ada yang berbeda tiap rider krn gps di hp dbantu agps saat snyal gps kurang. jadi supaya lebih akurat, hp dbuat mode plane tanpa sinyal operator agar akurasi lebih tepat.bgitu bro.. untuk cbr versi baru ane gak pernah nyoba krn gak punya.. tetapi saat cbr 2004 ane belum djual di thun 2012 ane pnah nyoba jajal dngn new cbr150 standar. kalah telak yang new walau di spido lebih tinggi yang new. tu ane dah pake r9 gear msh pake sinnob.

  18. Cb adu drag menang..
    Nvl untuk start awalnya berat, tpi lok udh jalan lgsng ngacir.. dikarenakan ban-nya besar, dan tipe shoc dgn langkh piston panjang..
    Ibarat “sepeda anak kecil” dgn “sepeda kebo” orng dwasa, untk strt awl spda nag kecil mlesat (krn lngkh cepat,stang engkol pendek”d0HC)tpi lok udh jarak jauh spda besar jd pmenangX (SOHC).. SoalX spda kecil ngincikkk power brkurang wktu rpm atas

    • kok dibalik2 faktanya… torsi NVL jauh lebih gede di banding CBSF, NVL 14,17 dk di 8.850 rpm, sedangkan CBSF 13,45 dk pada 10.300 rpm. kalo trek nanjak jangan harap CBSF bisa ngejar NVL, si CB pasti bakal ngemposss. tapi sebaliknya kalo trek panjang sepi jangan harap NVL bisa ngejar CBSF. daripada bikin kesimpulan tanpa bukti. mending di coba dulu sensasi mesin DOHC, kalo yang ane alamin, ini mesin aneh… makin di geber tenaganya ngga turun malah naik. asli bikin ketagihan, tiap hari ane perjalanan pasti nyentuh 120-130kmpj

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s