Jika Suzuki Saja Berani, Kenapa yang Lain Tidak?

nex

Kemarin baca berita di Otomotifnet.com (disini) bahwa ada recall perbaikan maupun penggantian ECM (Electronic Control Module) untuk produk Suzuki Nex periode produksi sebelum bulan Oktober 2012. Pihak Suzuki sendiri enggan mengatakan bahwa ada recall. Suzuki sendiri tidak mengumukan secara terbuka akan perbaikan ini, karena Nex masih merupakan produk baru sehingga dipastikan bahwa para pemilik pasti akan melakukan sevice berkala (gratis) ke Beres Suzuki setempat. Nah disanalah dilakukan pengecekan dan penggantian oleh mekanik Beres apabila ECM yang digunakan si Nex tersebut keluaran sebelum Oktober 2012.

Lha terus bagi mereka yang sudah tidak biasa service di Beres pastinya tidak bakal mengetahui bila ada penggantian tersebut? Meminjam tag line pabrikan sebelah …. “Emang mau ngebut service dimana?” :D … wong ini motor injeksi koq, so dipastikan pasti servicenya ke Beres. Lha kalopun ingin memastikan lebih lanjut dijelaskan di Otomotifnet.com (disini) untuk kode ECM yang 5 digit belakang 09J00 akan diganti dengan ECM yang baru dengan kode 09J11 (5 digit belakang).

Menurut Ysa apa yang dilakukan oleh pabrikan sekelas Suzuki (ingat loh ya … sekelas Suzuki) dengan berani melakukan pergantian ECM pada produk injeksinya walaupun secara diam-diam… dan walaupun juga (ta tambahi lagi walaupunnya jadi dua) produk Nex Injeksi selama ini adem ayem saja.. tidak ada masalah yang mencuat di masyarakat, patut diapresiasi. Rasa tanggungjawab dan kepedulian pabrikan akan kualitas dari produknya demi menjaga tingkat kepuasan konsumen benar-benar dijalankan, tanpa harus menunggu protes ataupun komplain dari konsumennya meskipun resiko yang harus dihadapi adalah ketika hal ini diketahui oleh publik luas maka kemungkinan tuh produk bisa dicap ‘cacat produksi’. Wuiiihh… opo g’ serem tuh kalimat bagi orang marketing. Jadi kadang kejujuran dan tanggungjawab itu berat namun … memberikan kepercayaan kepada klien akan produk kita (product guarantee) harus benar-benar dijalankan, karena mereka bukan membeli motor seperti membeli kacang goreng, tapi beli motor itu dengan uang banyak, harapan tinggi, dan kebanggaan tersendiri. Semoga hal ini menjadi contoh bagi kita dan yang lainnya….

jujur2

 

 

 

 

Kurang lebihnya mohon maaf, silahkan ditambahi atau dikurangi sendiri

Matur tengkyu sudah mampir

About these ads

18 thoughts on “Jika Suzuki Saja Berani, Kenapa yang Lain Tidak?

  1. kapan hayate di injeksikan ya

    tp klo udh injeksi,hayate ane tetep az msh karbu.
    klo udh karbu ganti ke injeksi bisa nggak ya.
    berapa biayanya?

    • jika hayate sudah injeksi dan nouvo sx juga keluar, maka saya akan melakukan undian untuk meminang salah satunya. tapi sblm itu, vartek 125 saya akan saya jual dulu. lagi nunggu produk kompetitor yang seimbang nih hehehhehe

    • kalo ganti dr karbu ke injeksi ky’nya sulit mas bro… coz injeksi sdh pake ECU / ECM, engine control itu bekerja berdasarkan info dari sensor2, jd klo upgrade ya hrus ganti ada Injector, ECU, Sensor (hbisnya mahal n belum tentu bs bekerja sempurna)
      jd mgkn lebih baik beli yg injeksi drpda upgrade.. toh selisih hrga baru mtor karbu ama injeksi kisaran 500rb’an..

  2. Produk masih baru, jumlah unit yg terjual juga ngga seberapa (dibanding kompetitor) memang lebih efektif dengan penggantian di saat servis rutin karna ngga ada beban biaya untuk pemanggilan atau pemberitahuan secara resmi. Kalau cara ini kurang berkenan, paling ngga masih bisa kita apresiasi karna perhatian pabrikan Suzuki ini dilakukan tanpa menunggu keluhan dari para konsumennya. Salut…

  3. Ditahun 2008 atau 2009 vixion ane juga dapet penggantian fuel pump gan diberes, tapi memang bagi yg minta aja, soalnya ane dapet info dari milist2, langsung diganti yg baru padahal yg lamanya juga gak ada masalah. Banyak kok yg minta ganti di beres tempat saya beli itu, sama katak kasus suzuki ini, makanya ane seneng sama yamaha

    • ane prnh dnger jg dr tman (seorang mknik ymh) prnh ada knsmen byson yg trouble (baru smgguan) n lgsung dgnti ama unit byson bru :D … klo yg dah 1th bs g ya dpt gnti baru… ngimpi :D

  4. selamat sore… mohon maaf, numpang penjelasan… maaf ni, agak basi juga… saya bulan januari br beli nex, tp stlh km 300, ada bunyi klethek2 di bagian roda blkng nex saya. mohon info, itu kenapa dan solusinya bgmn ya? krn sy komplain di dealer ngga dpt jawaban sempurna.
    NB : dr dealer dpt ganti velg baru, tp saat km 1000, bunyi tsb terdengar lagi.
    terimakasih utk temen2 yg disini….

    • Bro di daerah mana? Ysa nggak begtu paham masalah teknis. namun dari pengalaman Ysa bawa matic kalo ada bunyi seperti itu biasanya masalah di as roda belakang. kemungkinan di bearing. Ysa pernah mengalami hal tsb sewaktu punya Vario. dan masalah itu umum ketika km sudah menyentuh 40-50rb km. tp kalau masih baru harusnya tidak ada masalah kecuali pernah menghantam lubang atau yang lainnya. karena biasanya bearing itu dari vendor (bukan dari pabrikan).
      mgkn saran Ysa mas bro datang ke dealer besar Suzuki semacam IJMG yg masih ‘anak’ perusahaan dari SIS. atau coba kirim e-mail ke fans page suzuki di facebook. disitu kan dikelola sama orang pusat suzuki jg..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s