Suzuki : Inovasi Tiada Henti, itu dulu… Sekarang??

suzuki

Out of Trend Topic V-ixion vs CB150R (H vs Y), sekali-sekali ngebahas pabrikan motor yang satu ini, kasihan jika selama ini berita yang tampil hanya seputar pabrikan YHK (ky’ merk helm aja.. :D ). Masih ingat kan dengan Tagline “Inovasi Tiada Henti”… yups tagline Suzuki yang tenar sekitar tahun 2000an ketika mereka masih jaya dan sanggup berbicara dalam dunia otomotif roda dua nasional, baik di penjualan maupun racing. Namun sekarang??you know lah….. :D

Mungkin sebagai gambaran berikut saya sebutkan produk-produk Suzuki dengan inovasi teknologi terbaik di jamannya, ingat loh dijamannya:

suzuki_rgr_gen_3

1. Suzuki RG 150R (RGV150) : Keluar pertama di tahun 1991 dengan model fairing  futuristik dan suspensi belakang monoshock.  Produk selevel dengan RG 150R hanya Yamaha RX-Z & RZR (namun tetap aj shock belakang stereo). Honda NSR masih belum lahir. RX-King beda level ama nih motor.

shogun

2. Suzuki Shogun 110 “Kebo” : Keluar pertama di tahun 1995, Entahlah siapa yang memberi nama “kebo”, mungkin karena tangguhnya nih motor, terbukti sukses merajai ajang road race nasional kelas 4-tak. “ Generasi pertama ini punya CDI yang banyak dilacak mekanik balap, karena non-limiter dan tahan lama. Pada material kruk as yang lebih kuat dan lebih stabil. Batang klepnya yang kuat, juga menjadi incaran mekanik. Komponen lain yang diakui ketangguhannya adalah rantai keteng dan kampas kopling yang awet” dikutip dari Wikipedia.

suzuki-satria-120-r

3. Suzuki Satria Ru 120 : Keluar pada tahun 1997. Merupakan bebek pertama yang mengadopsi suspensi belakang monoshock dan mesin tegak (yg lain masih tidur :D ), kapasitas 120 cc terbesar saat itu, dilengkapi kopling manual dan transmisi 5 kecepatan, oh ya satu lagi dari dulu sampai sekarang mungkin inilah bebek yang menggunakan rangka crandle box yang disebut Suzuki sebagai SCAF (Suzuki Computerized Analized Frame).. CMIIW. Sama seperti Deltabox di Yamaha.

Shogun 125

4. Suzuki Shogun 125 : Keluar tahun 2004, fitur SKS, Bagasi, engine cut-off merupakan hal yang baru di waktu itu, sekali lagi untuk kapasitas mesin (125 cc) Suzuki selangkah lebih maju dibanding kompetitor yang masih berkutat dikapasitas 105 cc & 110 cc. Dirilis juga versi SP (Special Production) dengan kopling manual, 5 speed, dan Rear Disc Brake. Namun inilah produk yang menjadi kambing hitam turunnya pamor Suzuki. Geteran mesin yang tinggi menjadi keluhan oleh penggunanya.

2002_FXR150_grees_snett_540

5. Suzuki FXR 150 : Keluar di tahun 2000, CBU dari Malaysia, spek yang diusung benar-benar wow, bahkan sampai 12 tahun kemudian. Digadang-gadang untuk menggantikan Suzuki RGR 150 sehingga spek yang ditanamkan benar-benar mutakhir. Mesin DOHC 150 cc 6 speed, oil cooler, speedo digital, rangka Deltabox, Swingarm Pisang, dan yang paling fenomenal tentu saja power yang mencapai 20 hp (16,1 kw). Bandingkan dengan New Vixion (16,59 hp) dan CB150R (17 hp) bahkan dengan CBR150R pun masih jauh (17,4 hp).

thunder-250

6. Suzuki Thunder 250 : Keluar di tahun 1999, CBU langsung dari Jepang, mesin 250 cc pertama dan terbesar saat itu, walaupun SOHC namun sudah dilengkapi 4 klep, sama seperti V-ixion. Konfigurasi 2 mufler, ban besar menjadikannya sangat gagah dan secara ergonomi sangat cocok digunakan untuk turing. Power mesin sekitar 20 hp digadang-gadang untuk melawan si Tiger.

Satria FU

7. Suzuki Satria FU 150 : Keluar di tahun 2005, awalnya CBU dari Malaysia, mesin 150 cc pertama di kelas bebek sport, dengan DOHC 4 klep, suspensi depan teleskopik, mesin yang notabene reborn ataupun turunan dari FXR 150 mampu menyemburkan power sampai 16 Ps, meneruskan klan Satria yg terkenal bebek kencang membuatnya menjadi produk “penyelamat” Suzuki saat ini.

Melihat  teknologi maupun inovasi dari produk-produk tersebut sebenarnya Suzuki melangkah lebih maju dibanding pabrikan YHK (biar g banyak ngetiknya disingkat saja), namun terkadang kemutakhiran teknologi tidak bisa langsung “dibrojolin” ketika masyarakat belum bisa menganggapnya sebagai sebuah kemajuan apalagi ketika informasi masih minim (pencerdasan otomotif yang kurang). Itulah mungkin yang mengakibatkan 2 produk paling value Suzuki yaitu FXR dan Thunder 250 tidak sukses dalam penjualan. Selain mahalnya sparepart yg ora umum saat itu juga karena masyarakat merasa belum butuh akan teknologi seperti itu. Sebagai contoh ketika keluar FXR 150 toh masih ada NSR 150 dan Ninja 150 yg notabene 2 tak dengan power yg diatas FXR. Sehingga ketika mereka ingin motorsport powerfull ya ambil kedua type tersebut, toh harga juga tidak selisih jauh. Begitu juga Thunder 250 dimana harga yang lebih tinggi dibanding Tiger.

Kecerdasan pabrikan dalam membuat teknologi harus diimbangi dengan kelihaian dalam analisa market pasar, jangan sampai produk yg sangat value akhirnya tidak bisa diterima karena konsumen yang tidak siap. Ketika konsumen ingin produk yg murah ya kasih produk  murah namun dengan value sedikit, ketika mereka ingin value lebih ya tentu harganya mahal, tapi kalau ingin produk yg value tinggi dan harga murah (karepe dewe) …. ehmmmm  disini peran departemen marketing yang sangat krusial…..  ;)

Salut untuk inovasi dari pabrikan Yamaha yang berhasil menginjeksikan sport 150 yang dimulai tahun 2007 (walupun bukan yang pertama tapi sukses), begitu juga Kawasaki yang berhasil mengangkat motorsport 250 cc di tahun 2009, dan Pabrikan Honda dengan kelengkapan fitur di semua produknya. Ditunggu progress dari Sizuki Suzuki kedepannya, mengingat mereka sebenarnya mampu untuk bersaing asal bisa meluncurkan produk berkualitas di waktu yang tepat (tidak prematur namun juga tidak telat)……

Mohon maaf kalo ada kekurangan dan silahkan ditambahi sendiri kekuranganny, maturtengkyu sudah mampir.

About these ads

24 thoughts on “Suzuki : Inovasi Tiada Henti, itu dulu… Sekarang??

  1. sekarang sizuki lagi sibuk ngurusin yg inden ertiga :D andai seperti honda r2&r4 nya terpisah,lain cerita nya (mungkin) :)

    • Dapat info dari orang Dealer Suzuki, untuk tahun depan ky’ny tidak banyak perubahan (terutama produk baru)… geleng-geleng aj bro trhadap R2 Suzuki. Sulit diharapkan di Bali, apalagi bulan Nov kemarin data AISI Suzuki Bali cm terdistribusi 120an unit (all bali) :D, g’ tahu di daerah lain…

    • Sama bro, ane percaya insinyurnya pasti bisa bikin produk handal… tp manajemennya harus bisa masarin dengan strategi yang bagus dan pastinya timingnya tepat. Kasus Suzuki Lets dan Inazuma mgkn bisa menjadi contoh, CMIIW

  2. suzuki itu hebat, hanya saja orang kita kurang tahu tentang teknologi si suzuki sendiri
    coba ente bhas juga teknologi yg lebih akurat {suzuki pekanbaru}
    makasih

    • memang diakui teknologi Suzuki tidak kalah.. namun teknologi saja tidak cukup, harus ada publikasi kuat dan mengena. itu mungkin yg kurang dari Suzuki. kurang bisa memanfaatkan media untuk membangun image produk2 mereka. publikasi di lapangan juga hanya menyentuh golongan menengah kebawah (sehingga sulit mengangkat image).
      kebijakan Suzuki dengan mengembangkan ‘main group dealer’ jg ada kelemahannya. tidak ada kordinasi di setiap kebijakan. bisa berbeda arah kebijakan (contoh untuk promo) antara satu main group dengan yg lain main group yg lain walaupun satu wilayah. semoga saja berbagai skeptisme pecinta roda dua bisa membuat suzuki bangkit dan mampu bersaing dengan pabrikan yg lainnya…

  3. sempet jaya waktu smash iklannya basuki ehhh malah dia meninggal…. kasihan mpe skarang Produknya ga da yg laku kecuali FU 150,,,

  4. keren infonya bro..
    Ga bisa brkata apa2, karena masing2 py keunggulan masing2 di era masing2..
    Kbetulan di garasi ada 4 produk yg mewakili perang tekno dibawah 1990, ada Honda CB200 dgn double starternya, Kawasaki binter merzy dgn CDInya, ada Yamaha RX twin dengan silinder gandanya dan mesinnya yg responsif, ada Suzuki GT380 dgn triple silinder dan ram air..
    Apapun merknya, kita nikmati teknologinya…

  5. lebih berkesan teknologi jaman dulu lebih berpariasi persaingan seimbang antar produk,, tekno skrg emang canggih tpi persaingn gk seimbang lg,, gk ada 2 tak gak rame rase nye yee,, klo skrg kyk nya lbih mju prduk garputale ,, ke mna suzuki yg prnah di gemari smua klangan tapi untng nya msh ada fu itu pun sdh tralihkan sma si ijo kw…

  6. Fu sekarang yang jadi tulang punggung penjualan suzuki ,, seoga ,, cepet di upgrade jadi fu 250,,,,
    Yang lain pasti ,, lewaaaaaaaaat

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s