Who’s The Next Legend: V-ixion vs CB150R?

CB150R vs NV

Picture: Otomotifnet.com & Dapurpacu.com

Terlalu dini untuk menjudge siapa yang bakal menjadi motor legendaris setidaknya untuk 5-10 tahun kedepan, apakah V-xion series (Old & New) atau CB series?? Tapi tidak ada salahnya to kalau dibahas sekarang, toh masalah engine, performance, model, fitur, BBM, maupun harga sudah diulas lengkap oleh blogger-blogger papan atas (alasan saya aj… coz g’ bisa tes ride dua-duanya :D ). Legendaris bike bukan hanya masalah the best bike. Banyak faktor yang menjadikan sebuah motor memiliki nilai historis.

Mari Flash back ke akhir tahun 90’an dan awal 2000’an. Waktu itu siapa yang tidak kenal motor sport sejenis GL Pro, Tiger, NSR, RX-King, RZR, RGR, TS, Ninja 150L. Semua mengakui motor-motor tersebut terbaik dijamannya. Namun sekarang setelah lebih dari 10 tahun bisa masbro lihat sendiri siapa dari mereka yang menjadi honda legenda, dan masih diburu second’nya oleh banyak orang? RX-King, GL Series, sama Ninja 150 saja yang masih menjadi buruan, koq bisa? Sebagai gambaran saja, bagi saya yang tinggal di Bali, mencari GL-Pro bekas sangatlah sulit, mengingat mesin dan rangka model GL series diburu untuk dimodif model Jap’s style ataupun modif old CB. Begitu juga RX-King, sangat jarang, kalaupun ada harganya masih tinggi mas bro… pernah ketemu user RX-King standar abis tahun 2000, dia bilang g’ akan melepas tuh motor kalau kurang dari 8,5 jt (setelah umur 12 th)!! Apalagi Ninja harga second pastinya g’ bakalan kurang dari 10jt.

Old Sportbike

Ketiga model yang saya sebutkan tadi menjadi legendaris berdasar latar belakang sendiri-sendiri, GL series terkenal mesin bandel, kuat dan irit (krn sport tandingannya 2-tak semua :D ). RX-King yang terkenal si motor Jambret identik dengan suara knalpot 2-tak’nya yang merdu (ngguukk… nguukk….) mesinnya masih sangat powerfull, sedangkan Ninja 150 pastilah tidak lepas dari image kencang buat penggila speedlover. Ketiga motor tersebut memiliki kesamaan yaitu kualitas mesin yang bagus, kemudahan servis, ketersediaan spar-part dan kuatnya historikal image.

So balik lagi ke persaingan dua produk mid sport V-ixion dan CB150R. V-ixion sudah terbentuk imagenya melalu penetrasi old V-ixion, yah kalau dicari persamaannya nih motor lebih cenderung mewakili image RX-King yang powerfull (torsi) plus ketambahan image sport irit (minus image motor jambret). Masalah sparepart relatif mudah dilihat dari penyebaran unit yang sudah menembus angka 1 juta unit sejak 5 tahun lalu. Sedangkan CB150R its new product… tapi jangan lupa klan CB series bukan klan sembarangan. AHM tentu tidak asal memberi nama CB series jika mereka tidak serius menjadikannya legend bike sebagaimana model CB tahun 80’an yang sampai sekarang masih disuka modelnya. Tapi perlu diingat bahwa kedua motor ini sama-sama menganut injeksi yang memerlukan perawatan lebih “rumit” dibanding karbu (bagi bengkel umum), tp toh semua motor 2014 sudah harus injeksi. Yah mari kita tunggu dan buktikan kedepannya terutama masalah perawatan dan aftersales kedua motor tersebut. Who’s The Next Legend V-ixion (Powerfull & irit) vs CB150R (DOHC kencang)…

Hanya berbagi opini dan pengetahuan, kalau ada kurangnya mohon maaf dan silahkan ditambahi sendiri. Maturtengkyu sudah mampir  :)

About these ads

12 thoughts on “Who’s The Next Legend: V-ixion vs CB150R?

  1. motor keluran yg ane tau sekitar th akhir 90an akhir 2000 emang bandel smua!! ane pernah pnya satria hiu!!! tarikannya ganas!! pernah juga nyobain RZR !!! tp skrng era 2 tak is over tp ane msih pnya super kips!! meski menurut orang udah jadul tp speed n accelerated emang beringas setara abangnya yg ,250cc dohc over bore, twin cylinder paralel!!!

    • Emg klo dah pernah ngrasain power 2-tak pasti pengen kembali ke jamannya. Memory pake (pinjam) RX-King dgn knalpot racing kolong…
      msih brharap bs beli second’ny KRR sekarang (wlopun mahal bgt)

    • RX-King melegenda jg krna pengaruh suaranya yg “merdu”. apalagi dlu th 90′an belum bnyak macet ky’ sekarang. jdi bnyak “alay” :D yg ngebut di jalan2. 2 tak bgitu main kopling (slip kopling) suaranya langsung teriak bikin merinding mas bro… :D pengalaman pribadi

  2. awal tahun 2000 2 tak masih jadi motor paling gaul buat anak muda. dan pada tahun segini lah Honda disebut motor bapak-bapak.

    peringkat motor incaran pada tahun 2000 awal :
    Suzuki Satria 120 R
    Yamaha F1ZR
    Suzuki Tornado
    Suzuki Crystal
    Yamaha Rx king
    Suzuki RG

    motor 4 tak dulu ogah banget dilirik anak muda. hanya Suzuki Shogun 110 saja yang pilihan anak muda.
    sisanya SupraX dan Mocin yg hanya dipake untuk kehidupan Sehari-hari.

    motor batangan 4 tak hanya diisi Tiger, GL pro, dan Max yg melenggang sendiri.
    Scorpio saza tahun 2002, itu masih model RX king, sdangkan Suzuki FXR 150 4 tak Dohc yg trkenal paling canggih pada zamannya tahun 2003

    bisa dibilang pada masa itu adalah masa kejayaan Suzuki, model yg Sporty. Stripping model Racing, bisa dibilang motor Suzuki sebagai identitas motor kencang.

    sayang skrng Suzuki terlihat mati Suri. konsisten dengan produk bebek. dan malah skrng Suzuki bukan Sporty lagi tpi jual motor Classic model nan kalem macam Thunder 125, dan Inazumi 250.

    ohhh iya zaman segitu zaman kejayaan motor bebek manual, yg meredup pada tahun 2006. diganti Bebek matic, & motor batangan. :D

    • dulu th 96′an pernah liat road race kelas sport free for all (batasan 200 cc). motor sport apa aja boleh ikut… rata2 pake King & RGR, ada 1 tiger yg ikut… begitu start n tikungan pertama langsung ndlosor… :D karena ban depan slip di aspal pas nikung (ky’nya terlalu berat tuh tiger)… 2-tak emg sip IMHO, tp jaman terus berubah, yah paling tidak qta dah pernah ngerasain jamannya 2-tak dulu bro.

  3. Tidakkah terlalu dini untuk membahas legenda?
    Menurut seorang dosen sejarah, yg pernah kudengar dulu, yang dimaksud legenda itu adalah yg hidup/ eksis paling dini 30 tahun lalu.

    • Emang terlalu dini mas bro… (kan udah ditulis paling depan)
      ehmmm, 30 th lalu ane belum lahir.. jd g tahu dunia otomotif di th 80′an, jd yg dibhas th 90′an ammpe skrg
      Btw… mksih infonya ttg legenda = 30 th lalu… tmbahan ilmu… :-)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s